Tuesday, October 15, 2019

Anemia.? 5 Buah dan Makanan yang Dapat Menambah Darah

Anemia.? 5 Buah dan Makanan yang Dapat Menambah Darah

minuman penambah darah, buah menambah darah, jenis sayuran penambah darah, makanan penambah darah paling ampuh, makanan penambah darah untuk remaja, buah penambah darah, sereal penambah darah, obat penambah darah yang aman untuk lambung, suplemen makanan penambah darah
Anemia atau kekurangan darah, buah menambah darah, jenis sayuran penambah darah
Kekurangan darah atau anemia merupakan kurangnya sel darah merah atau sel darah merah yang tidak berfungsi di dalam tubuh. Anemia juga salah satu masalah kesehatan sering dialami oleh banyak orang. Meski biasanya masalah kesehatan ini terjadi dalam tingkat ringan dan dalam jangka waktu yang pendek, apabila anemia tidak segera diobati bisa menjadi masalah yang serius. seperti Gangguan kehamilan, Kelelahan berat, Masalah jantung, Rentan terserang infeksi dan bisa berakibat fatal yaitu Kematian. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan pencegahan supaya masalah kesehatan ini tidak semakin serius.

Anda merasa lemas dan mudah lelah.? Salah satu cara mudah untuk mencegah anemia yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produksi sel darah merah atau mencegah kekurangan darah yaitu pola makanan, dengan memerhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi sehari. Ini dapat dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat yang kaya nutrisi. Beberapa nutrsi yang harus Anda penuhi agar produksi sel darah merah Anda tercukupi, seperti makanan dan buah – buahan di bawah ini :

minuman penambah darah, buah menambah darah, jenis sayuran penambah darah, makanan penambah darah paling ampuh, makanan penambah darah untuk remaja, buah penambah darah, sereal penambah darah, obat penambah darah yang aman untuk lambung, suplemen makanan penambah darah

Anemia atau kekurangan darah, buah menambah darah, jenis sayuran penambah darah


1. Anggur

Buah anggur juga jadi salah satu buah yang kaya dengan asam folat. Buah anggur yang bisa Anda dapatkan di toko buah terdekat. Dalam satu gelas anggur, diketahui mengandung 21 mcg asam folat. Tidak hanya itu, meski bentuknya kecil, buah satu ini juga ternyata mengandung vitamin A yang membantu pembentukan sel darah merah. 

2. Semangka

Semangka satu lagi buah yang dapat penambah darah, bisa Anda dapatkan dengan mudah di berbagai daerah. Satu potong buah semangka ukuran sedang diketahui mengandung zat besi sebanyak 1,5 gram. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin C, yang merupakan nutrisi penting untuk memudahkan tubuh dalam menyerap zat besi. Jadi, dalam sekali makan, Anda bisa mendapatkan kedua manfaat ini.

3. Stroberi

Stroberi merupakan buah yang di gemari oleh anak – anak ini juga salah satu buah yang mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Kandungan antioksidan dalam buah yang banyak disukai orang, terutama kaum wanita, ini juga berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Anda juga bisa mendapatkan mudah di berbagai tempat.

4. Jeruk

Jeruk salah satu buah yang mengandung asam folat yang tinggi mirip dengan buah Anggur. Anda bisa membuat jeruk jadi salah satu minuman atau makanan penambah darah yang ampuh karena asam folat sendiri dapat membantu tubuh untuk membuat sel darah merah baru. Menurut USDA National Nutrition Database for Standard Reference, kandungan asam folat dalam satu gelas jeruk sebesar 31,5 mcg. Dan buah ini juga mudah di dapatkan. Tidak hanya kaya asam folat, jeruk nyatanya juga dapat menyerap zat besi pada tubuh karena buah satu ini kaya akan kandungan vitamin C. 

5. Wortel

Wortel salah satu buah sayuran untuk memasak dan sering disebut sebagai buah yang kaya vitamin A. Kandungan vitamin A  dalam bentuk retinol pada buah wortel ini berperan untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah sekligus mengantar oksigen ke sel-sel tubuh. Penggunaan Agar lebih memaksimalkan produksi sel darah merah dalam tubuh, Anda disarankan untuk makan wortel minimal dua kali per minggu.

 

Itulah 5 daftar buah yang bisa Anda gunakan untuk menambah darah, lebih baik cegah anemia. Buah – buah di atas sangat mudah Anda temukan di berbagai tempat. Nah sedangkan untuk makanan yang dapat menambah darah bisa di lihat daftar di bawah ini. 

1. Daging merah

Daging merah salah satu makanan yang bisa Anda dapatkan untuk menambah darah seperti daging sapi dan daging kambing. kandungannya sumber zat besi heme. Daging merah merupakan makanan penambah darah yang paling mudah ditemui. Dalam 100 gram daging merah terkandung 2,7 mg zat besi. Ini sudah memenuhi 15% asupan harian yang disarankan.

2. Seafood

Seafood salah satu makanan yang dapat menambah darah Anda terutama kerang dan tiram, kaya akan zat besi. Bahkan dalam 100 gram kerang terdapat 28 mg zat besi, yang bisa memenuhi 155% dari asupan zat besi harian yang disarankan. Namun, kandungan zat besi dari kerang-kerangan sangat bervariasi, ada yang tinggi dan ada juga yang jauh lebih rendah.

3. Jeroan

Jeroan merupaka organ dalam hewan seperti hati, ginjal, otak dan jantung. Jeroan juga salah satu makanan yang dapat menambah darah, hal ini karena mengandung zat besi yang tinggi. Bahkan 100 gram hati sapi mengandung 6,5 mg zat besi yang sudah memenuhi 36% asupan harian yang disarankan.

4. Daging Unggas

Daging unggas juga salah satu makanan yang dapat menambah darah, seperti daging ayam dan bebek. Mengonsumsi 100 gram daging unggas, seperti ayam, sudah memenuhi 13% asupan harian zat besi yang disarankan. 

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga dapat menambah darah seperti bayam dan brokoli, banyak mengandung sumber zat besi yang baik. Namun disarankan untuk memasak bayam terlebih dahulu untuk mendapatkan manfaat zat besi yang maksimal. Dengan dimasak, zat besi akan lebih mudah terserap oleh tubuh.

Anemia.? 5 Buah dan Makanan yang Dapat Menambah Darah
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon