Tuesday, April 28, 2020

Doa Berbuka Puasa Arab dan Artinya, Menurut Anjuran Rasulullah

Doa Berbuka Puasa Arab dan Artinya, Menurut Anjuran Rasulullah

doa berbuka puasa arab dan artinya, doa berbuka puasa sunnah, doa berbuka puasa rumaysho, doa berbuka puasa rajab, doa berbuka puasa sya'ban, doa berbuka puasa qadha, membaca doa berbuka puasa hukumnya, doa berbuka puasa muhammadiyah
Doa Berbuka Puasa Arab dan Artinya, Menurut Anjuran Rasulullah
Doa Berbuka Puasa Arab dan Artinya, Menurut Anjuran Rasulullah - Ketika berbuka puasa, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa berbuka puasa. Ini merupakan salah satu amalan yang disunnahkan saat Bulan Ramadan. Saat berbuka, mereka yang berpuasa bisa kembali mengisi perut yang semula kosong dan memulihkan tenaga. Untuk itu, umat islam disunnahkan untuk menyegerakan berbuka puasa.

Rasulullah menjadikan momen berbuka sebagai ungkapan rasa syukur usai menunaikan puasa sehari penuh. Mengutip NU Online, doa berbuka puasa terdapat beragam versi seperti yang disebutkan dalam hadis.

Namun lazimnya, bacaan doa berbuka puasa sesuai sunah Rasulullah yang sering dilafalkan umat islam di Indonesia adalah:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta‘âlâ

Artinya: Duhai Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.

Adapun menurut sahabat Mu'adz bin Zuhrah, Rasulullah ketika berbuka puasa cukup membaca doa pendek seperti berikut.

Allahumma laka shumtu wa 'ala rizqika afthartu

Artinya: Duhai Allah untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka.

Waktu yang tepat membaca doa berbuka puasa

Ustaz M. Ali Zainal Abidin menerangkan banyak orang yang masih salah paham mengenai waktu yang tepat membaca doa berbuka puasa. Sebab, ada yang menyebut lebih baik membaca doa sebelum berbuka puasa, namun adapula yang jutru sebaliknya.

Merujuk pada kitab Hasyiyah I'anah at-Thalibi, Ustaz M. Ali Zainal Abidin menjelaskan bahwa, adab membaca doa yang benar adalah setelah berbuka puasa atau seusai menyantap makanan dan minuman.

"Maksud dari (membaca doa buka puasa) “setelah berbuka” adalah selesainya berbuka puasa, bukan (dibaca) sebelumnya dan bukan saat berbuka," (Syekh Abu Bakar Muhammad Syatha, Hasyiyah I’anah at-Thalibin, juz 2, hal. 279).

Kendati begitu, orang yang membaca doa sebelum berbuka juga tidak keliru karena mereka telah mendapat kesunnahan atau (husul ashli as-sunnah). Tapi alangkah lebih baik bila umat Islam membaca doa selepas berbuka puasa.Ustaz M. Ali Zainal . Artikel ini sudah tayang di suara.com , dengan judul "Doa Berbuka Puasa Ramadan Menurut Anjuran Rasulullah dan Artinya"
Doa Berbuka Puasa Arab dan Artinya, Menurut Anjuran Rasulullah
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon